Saturday 26 January 2019

Aktivitas Rutin Ini Bisa Membuat Tubuh Fresh Dalam 24 Jam




Yang disebut sebagai aktivitas rutin disini adalah olahraga minimal seperti berjalan, bergerak aktif, atau secara konstan melakukan kegiatan fisik. Meski tergolong santai; seperti berkebun atau mengerjakan urusan rumah tangga sehari-hari (menyapu atau mencuci baju). Nah, buat Anda yang merasa sulit menemukan waktu leluasa untuk melakukan olahraga berat secara khusus. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda mulai lakukan di pagi hari sebelum mulai beraktivitas, sampai saat berada di tengah rutinitas pekerjaan di kantor.

Baca Juga :




1. Minum Air Putih Sebelum Berolahraga Ringan.

Karena mengonsumsi air putih sampai minimal tiga gelas bisa menghindarkan tubuh dari potensi dehidrasi akibat gerakan olahraga.


2. Mulai Melakukan Olahraga Ringan Dari Pukul 6 Pagi.

Karena pada saat ini udara masih segar dan sangat baik untuk paru-paru. Suhu udara juga biasanya tidak terlalu dingin, tapi juga belum panas. Selain itu juga, matahari pagi bisa bermanfaat baik untuk tubuh kita.


3. Lakukan Olahraga Ringan Setidaknya 30 Menit. 

Anda bisa memilih berbagai aktivitas gerak yang diinginkan, misal berjalan berkeliling area perumahan, jogging, atau bahkan berkebun. Intinya, Anda mesti melakukan kegiatan fisik secara konstan selama waktu tersebut. Ada juga studi yang menyatakan kalau jalan kaki rutin memiliki dampak maksimal, dan nyaris setara dengan dampak berolahraga khusus di gym.


4. Cari Kesempatan Untuk Berjalan Sebanyak-Banyaknya. 

Misal, kalau Anda biasanya turun dari kendaraan persis di depan kantor, cobalah untuk turun agak lebih jauh agar punya kesempatan untuk berjalan lebih banyak. Contoh lain adalah, memilih naik tangga ketimbang elevator.


5.Lakukan Berbagai Gerakan Peregangan Sederhana Di Tengah Aktivitas Pekerjaan. 

Seperti misalnya:
  • Merentangkan tangan ke atas kepala dan mengarahkannya ke kiri selama 10 detik, lalu ke kanan dengan durasi yang sama. Ulangi kegiatan itu sebanyak minimal 3 kali;
  • Atau untuk meredakan ketegangan leher, Anda bisa menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah secara bergantian, atau memutarnya perlahan;
  • Cara lain adalah mengarahkan ujung jari tangan ke ujung jari kaki dalam posisi duduk dengan kaki lurus;
  • Juga untuk meredakan ketegangan pada punggung, Anda bisa coba gerakan sederhana seperti memeluk tubuh sendiri, dan menempatkan tangan kiri di pundak kanan, dan tangan kanan di pundak kiri. Tahan posisi ini selama 10-15 detik, lalu lepaskan perlahan.
  • Hal di atas juga bisa dilakukan dalam posisi berdiri, dengan cara merentangkan kaki selebar bahu, lalu membungkuk dan mengarahkan kedua tangan untuk meraih ujung jari pada salah satu kaki secara bergantian. Pada saat tangan menyentuh ujung kaki, tahan posisi sampai sekitar 10-15 detik.


Makin banyak kegiatan minimal semacam itu dilakukan setiap harinya, makin besar pula manfaatnya untuk kesehatan tubuh.





Lalu, berapa lama total waktu yang sebaiknya digunakan untuk olahraga ringan?

Jika kemudian Anda bisa menyempatkan diri melakukan berbagai olahraga ringan tadi, berapakah total waktu yang sebetulnya dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat maksimal? Pertanyaan ini lazim ditanyakan banyak orang, terutama mereka yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. jawabannya begini, tingkat kebugaran yang diharapkan tiap orang bisa jadi berbeda-beda, sehingga sebetulnya para ahli juga sulit menentukan durasi ideal untuk berolahraga. Meski akhirnya ada kesimpulan umum yang ditarik, kalau cukup perlu sekitar 30 menit per hari untuk mendapatkan kondisi tubuh yang bugar. Kesimpulan itu muncul—salah satunya—dari riset yang dilakukan American Council On Exercise terhadap kondisi tubuh seseorang yang biasa berolahraga selama total 30 sampai 60 menit per hari. 

Hasilnya, proses metabolisme kelompok yang berolahraga 60 menit memang lebih tinggi, tapi pelaku olahraga harian selama 30 menit justru punya kapasitas oksigen lebih baik. Dari situ pula kesesuaian di antara orang yang berolahraga 30 dan 60 menit mendapatkan manfaat sehat yang sama makin jelas; selama memang dijalani secara rutin. Studi lain dari The Lancet menunjukkan kalau olahraga minimal selama sekitar 15 menit tiap hari sudah cukup untuk orang yang sekadar ingin sehat. Jadi memang Anda tidak perlu pusing memikirkan, harus berolahraga berapa lama? Karena yang terpenting adalah dilakukan secara konsisten. Kalau kita pikir-pikir lagi, prinsip tersebut sebenarnya serupa dengan saat kita berinvestasi. Tidak perlu agresif seperti orang yang sedang mengejar waktu olahraga yang tertinggal; karena perencanaan dan konsistensi justru membuat hasilnya bisa cukup signifikan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks