Thursday 26 April 2018

Waspada Akan Penyakit Bipolar







Apa itu bipolar ? salah satu kelainan jiwa yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrim secara mendadak.
Suasana hati penderitanya dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (manik) dan kesedihan (depresif) yang berlebihan tanpa pola atau waktu dan sebab yang pasti. Seseorang yang menderita gangguan bipolar memiliki ayunan perasaan (mood swings) yang ekstrim dengan pola perasaan yang mudah berubah secara drastis. Suasana hati meningkat secara klinis disebut sebagai manik/ mania, atau di saat ringan disebut hipomania/depresif.

Baca Juga :



FAKTOR PENYEBAB

Para ilmuwan sedang mempelajari kemungkinan penyebab gangguan bipolar. Kebanyakan ilmuwan setuju bahwa tidak ada penyebab tunggal. Sebaliknya, banyak faktor kemungkinan beraksi bersama untuk menghasilkan penyakit atau meningkatkan risiko.


1.Genetika

Gangguan bipolar cenderung terkait dengan riwayat medis keluarga (faktor keturunan). Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan gen tertentu lebih mungkin untuk mengembangkan gangguan bipolar daripada yang lain. Anak-anak dengan orang tua atau saudara yang memiliki gangguan bipolar lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit, dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki riwayat keluarga gangguan bipolar. Namun gen bukanlah satu-satunya faktor risiko untuk gangguan bipolar. Studi kembar identik telah menunjukkan bahwa kembar dari seseorang dengan penyakit bipolar tidak selalu mengalami gangguan ini, meskipun fakta bahwa kembar identik berbagi semua gen yang sama.


2. Struktur Otak Dan Fungsi

Alat pencitraan otak, seperti pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) dan positron emission tomography (PET), memungkinkan peneliti untuk mengambil gambar dari otak. Alat-alat bantuan ilmuwan mempelajari struktur dan aktivitas otak. Beberapa studi pencitraan menunjukkan bagaimana otak orang dengan gangguan bipolar mungkin berbeda dari otak orang yang sehat atau orang dengan gangguan mental lainnya. Sebagai contoh, satu studi menggunakan MRI menemukan bahwa pola perkembangan otak pada anak-anak dengan gangguan bipolar adalah serupa dengan yang pada anak dengan “gangguan multi-dimensi,” gangguan yang menyebabkan gejala yang tumpang tindih dengan gangguan bipolar dan skizofrenia. Kelainan pada korteks prefrontal adalah struktur otak yang terlibat dalam “eksekutif” fungsi seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan. Struktur ini dan koneksi ke bagian lain dari otak dewasa selama masa remaja, menunjukkan bahwa perkembangan abnormal dari sirkuit ini otak dapat menjelaskan mengapa gangguan cenderung muncul selama masa remaja seseorang. Penentuan perubahan otak pada remaja dapat membantu kita mendeteksi penyakit target awal atau menawarkan untuk intervensi awal.


TANDA & GEJALA

Orang dengan gangguan bipolar mengalami keadaan emosional yang luar biasa intens yang terjadi dalam periode yang berbeda yang disebut “episode suasana hati.” Setiap episode mood merupakan perubahan drastis dari suasana hati seseorang dan perilaku. Suasana hati terlalu gembira disebut episode manik, dan keadaan sangat sedih atau putus asa disebut episode depresi. Kadang-kadang, sebuah episode mood termasuk gejala dari kedua mania dan depresi. Ini disebut keadaan campuran. Orang dengan gangguan bipolar juga mungkin eksplosif dan mudah marah selama episode mood. Perubahan ekstrim dalam energi, aktivitas, tidur, dan perilaku pergi bersama dengan perubahan-perubahan dalam suasana hati. Gejala gangguan bipolar dijelaskan di bawah ini :

1. Gejala Mania Atau Episode Manic

a.Perubahan Suasana Hati
  • Sebuah periode panjang merasa “tinggi”, atau suasana hati yang terlalu bahagia atau keluar
  • Ekstrim iritabilitas


b. Perubahan Perilaku
  • Berbicara sangat cepat, melompat dari satu ide yang lain, memiliki pikiran balap
  • Menjadi mudah terganggu
  • Meningkatkan aktivitas, seperti mengambil proyek-proyek baru
  • Menjadi terlalu gelisahTidur sedikit atau tidak menjadi lelah
  • Memiliki keyakinan yang tidak realistis terhadap kemampuan seseorang
  • Berperilaku impulsif dan terlibat dalam menyenangkan, perilaku berisiko tinggi


2. Gejala Depresi Atau Episode Depresi 

a. Perubahan Suasana Hati
  • Sebuah periode yang terlalu lama perasaan sedih atau putus asa
  • Kehilangan minat dalam kegiatan pernah dinikmati, termasuk seks.


b. Perubahan Perilaku
  • Merasa lelah atau “melambat”
  • Setelah masalah berkonsentrasi, mengingat, dan membuat keputusan
  • Menjadi gelisah atau pemarah
  • Mengubah makan, tidur, atau kebiasaan lain
  • Berpikir tentang kematian atau bunuh diri, atau mencoba bunuh diri.



Gangguan bipolar  dapat hadir bahkan ketika perubahan suasana hati yang kurang ekstrim ( dalam kondisi stabil). Sebagai contoh, beberapa orang dengan gangguan bipolar mengalami hypomania, bentuk yang kurang parah mania. Selama episode hypomanic, Anda mungkin merasa sangat baik, sangat produktif, dan berfungsi dengan baik. Anda mungkin tidak merasa bahwa ada sesuatu yang salah, tapi keluarga dan teman-teman dapat mengenali perubahan suasana hati sebagai gangguan bipolar mungkin. Tanpa pengobatan yang tepat, orang dengan hypomania mungkin mengembangkan mania atau depresi berat. Gangguan bipolar juga dapat hadir dalam keadaan campuran, di mana Anda mungkin mengalami baik mania dan depresi pada saat yang sama. Selama keadaan campuran, Anda mungkin merasa sangat gelisah, sulit tidur, mengalami perubahan besar dalam nafsu makan, dan memiliki pikiran bunuh diri. Orang-orang dalam keadaan campuran mungkin merasa sangat sedih atau putus asa sementara pada saat yang sama merasa sangat berenergi. Kadang-kadang, orang dengan episode mania atau depresi parah memiliki gejala psikotik juga, seperti halusinasi atau delusi. Gejala-gejala psikotik cenderung mencerminkan suasana hati yang ekstrim orang tersebut. Misalnya, jika Anda mengalami gejala psikotik selama episode manic, Anda mungkin percaya bahwa Anda adalah orang terkenal, memiliki banyak uang, atau memiliki kekuatan khusus. Jika Anda mengalami gejala psikotik selama episode depresi, Anda mungkin percaya Anda hancur dan tidak punya uang, atau Anda telah melakukan kejahatan. Akibatnya, orang dengan gangguan bipolar yang memiliki gejala psikotik kadang-kadang salah didiagnosis dengan skizofreni. Orang dengan gangguan bipolar juga mungkin penyalahgunaan alkohol atau zat, memiliki masalah hubungan, atau berkinerja buruk di sekolah atau di tempat kerja. Mungkin sulit untuk mengenali masalah ini sebagai tanda-tanda penyakit mental utama. Gangguan bipolar biasanya berlangsung seumur hidup. Episode mania dan depresi biasanya datang kembali dari waktu ke waktu. Antara episode, banyak orang dengan gangguan bipolar bebas dari gejala, tetapi beberapa orang mungkin memiliki gejala berlama-lama.





AKIBAT BIPOLAR

Gangguan bipolar dapat mengakibatkan rusaknya hubungan sosial, pekerjaan atau sekolah, dan bahkan bunuh diri. Tapi gangguan bipolar dapat diobati, dan orang dengan penyakit ini dapat hidup produktif.


SIAPA YANG BERESIKO?

Gangguan bipolar sering berkembang di akhir remaja seseorang atau tahun dewasa awal. Setidaknya setengah dari semua kasus mulai sebelum usia 25. Beberapa orang memiliki gejala pertama mereka selama masa kanak-kanak, sementara yang lain mungkin mengalami gejala-gejala di akhir hidupnya.


DIAGNOSA

Dokter mendiagnosa gangguan bipolar menggunakan pedoman dariDiagnostik dan Statistik Manual of Mental Disorders (DSM). Untuk dapat didiagnosis dengan gangguan bipolar, gejala harus ada perubahan besar dari suasana hati yang normal atau perilaku.
Ada empat tipe dasar dari gangguan bipolar:

1. Bipolar Disorder I 

Didefinisikan oleh episode manik atau campuran yang berlangsung setidaknya tujuh hari, atau dengan gejala manik yang begitu parah sehingga orang perlu perawatan di rumah sakit segera. Biasanya, episode depresi terjadi juga, biasanya berlangsung minimal 2 minggu.

2. Bipolar Disorder II 

Didefinisikan oleh pola episode depresi dan episode hypomanic, tapi tidak ada manik full-blown atau episode campuran.


3. Bipolar Disorder Not Otherwise Specified (BP-NOS) 


Didiagnosis bila gejala penyakit yang ada tetapi tidak memenuhi kriteria diagnostik untuk baik bipolar I atau II. Namun, gejala yang jelas di luar jangkauan normal seseorang perilaku.


4. Disorder cyclothymic, atau Cyclothymia 


bentuk ringan dari gangguan bipolar. Orang dengan cyclothymia memiliki episode hypomania serta depresi ringan selama minimal 2 tahun.Namun, gejala tidak memenuhi persyaratan diagnostik untuk semua jenis lain dari gangguan bipolar. Ketika mendapatkan diagnosis, dokter atau penyedia layanan kesehatan harus melakukan pemeriksaan fisik, wawancara, dan tes laboratorium. Saat ini, gangguan bipolar tidak dapat diidentifikasi melalui tes darah atau scan otak, tetapi tes ini dapat membantu menyingkirkan faktor-faktor lain yang dapat berkontribusi untuk masalah mood, seperti stroke, tumor otak, atau kondisi tiroid. Jika masalah tidak disebabkan oleh penyakit lain, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin melakukan evaluasi kesehatan mental atau memberikan rujukan ke kesehatan mental profesional yang terlatih, seperti psikiater, yang berpengalaman dalam mendiagnosa dan mengobati gangguan bipolar. Dokter atau mental profesional kesehatan harus membicarakan dengan Anda segala riwayat keluarga gangguan bipolar atau penyakit mental lainnya dan mendapatkan sejarah lengkap gejala. Dokter atau profesional kesehatan mental juga harus berbicara dengan kerabat dekat Anda atau pasangan tentang gejala dan riwayat kesehatan keluarga. Orang dengan gangguan bipolar lebih cenderung mencari bantuan ketika mereka mengalami depresi daripada ketika mengalami mania atau hypomania. 


Oleh karena itu, riwayat medis berhati-hati diperlukan untuk memastikan bahwa gangguan bipolar tidak keliru didiagnosis sebagai depresi besar. Tidak seperti orang dengan gangguan bipolar, orang-orang yang mengalami depresi saja (juga disebut depresi unipolar) tidak mengalami mania. Gangguan bipolar dapat memburuk jika dibiarkan tidak terdiagnosis dan tidak diobati. Episode bisa menjadi lebih sering atau lebih parah dari waktu ke waktu tanpa pengobatan. Juga, penundaan dalam mendapatkan diagnosis yang benar dan pengobatan dapat berkontribusi untuk masalah pribadi, sosial, dan pekerjaan yang berhubungan. Diagnosa yang tepat dan pengobatan membantu orang dengan gangguan bipolar menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Dalam kebanyakan kasus, pengobatan dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan episode. Penyalahgunaan zat ini sangat umum di antara orang dengan gangguan bipolar, tetapi alasan untuk link ini tidak jelas. Beberapa orang dengan gangguan bipolar mungkin mencoba untuk mengobati gejala mereka dengan alkohol atau obat-obatan. Namun, penyalahgunaan zat dapat memicu atau memperpanjang gejala bipolar, dan masalah kontrol perilaku yang berhubungan dengan mania dapat mengakibatkan seseorang minum terlalu banyak. Gangguan kecemasan, seperti gangguan stress pasca-trauma (PTSD) dan fobia sosial, juga co-sering terjadi di antara orang dengan gangguan bipolar. Gangguan bipolar juga co-terjadi dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), yang memiliki beberapa gejala yang tumpang tindih dengan gangguan bipolar, seperti kegelisahan dan menjadi mudah terganggu. Orang dengan gangguan bipolar juga berisiko tinggi untuk penyakit tiroid, sakit kepala migrain, penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit fisik lainnya. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala mania atau depresi. untuk itu perlu penangan yang tepat bagi pasien, dengan penanganan yang tepat dan sistematis maka potensi kesembuhan pasien semakin besar.



MENGOBATI GANGGUAN BIPOLAR SECARA MANDIRI


Disarankan konsultasi keluhan kepada psikiater untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Jika dirasa Gangguan bipolar belem terlalu parah anda  bisa coba pengobatan mandiri yang sudah saya rangkum berikut :


1. Olahraga Dapat Mengalihkan Fokus Pikiran


Olahraga berat yang dilakukan dapat membutuhkan banyak tenaga. Oleh karena itu, tenaga yang biasanya digunakan oleh pikiran (yang biasanya negatif) dapat teralihkan untuk fisik.

Penderita bipolar disorder menyerap energi sangat besar untuk proses berpikirnya. Demikian pula dengan borderline dan penderita lainnya. Itulah mengapa mereka membutuhkan olahraga berat. Karena olahraga yang ringan belum cukup untuk “menarik” tenaga dari otak dan menyebarkannya ke tubuh.  

2. Mengerjakan Aktivitas Seni


Untuk mempercepat penyembuhan gangguan bipolar disorder, sebagian penderita bipolar mengerjakan aktivitas seni. Ada berbagai macam bentuk seni yang biasanya disukai penderita bipolar. Seni yang paling banyak diminati adalah seni lukis dan musik. Namun tidak menutup kemungkinan dengan seni-seni lainnya. Tujuan dari aktivitas seni ini bukanlah mencapai kesempurnaan. Melainkan memperbaiki mood serta mendapatkan kestabilan emosi.


3, Bermain dan Menikmati Alam Terbuka


Menikmati alam terbuka dapat mempercepat proses penyembuhan/pengobatan bipolar disorder. Ruang luas di alam terbuka membuat pikiran lebih nyaman. Berdampak pula pada perasaan yang semakin positif. Birunya langit, hamparan gunung gemunung, atau uraian sawah hijau dapat menyejukan perasaan seorang bipolar. Bagi seorang bipolar, ketika berada di alam terbuka membuatnya merasa hidup.


4. Self Awareness / Kepedulian terhadap Diri Sendiri



  • Cari cara mengurangi dan mengelola stress misalnya dengan Relaxasi.
  • Tidur yang cukup. Cobalah mengindari begadang.
  • Olahraga Teratur
  • Hindari makanan/ minuman yang bersifat adiktif/candu.
  • Perbanyak aktivitas sosial.
  • Perbanyak aktivitas spiritual.
  • Adanya semangat, antusiasme, dan disiplin untuk sembuh



Semoga Bermanfaat



No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks